Senin, 19 April 2010

Tips Agar Tak Bosan Bekerja





Siapa pun pasti pernah mengalami rasa bosan dan jenuh dengan pekerjaan. Mungkin karena rutinitas yang menjemukan, lingkungan kerja yang tak kondusif, rekan kerja yang menyebalkan, atau ada masalah pribadi. Ketika rasa ini menyerang, kualitas dan produktivitas kerja pun menurun.

Biasanya, kemudian muncul bayangan indah bekerja di tempat lain. Lupakanlah. Pindah kerja bukanlah hal gampang. Dan lagi, tempat kerja baru pun belum tentu steril dari persoalan yang sebelumnya Anda hadapi. Jalan terbaik, hadapi saja kebosanan itu dengan tips berikut ini.

Pertama, bersikap lah antusias. Ini bisa dilakukan dengan seolah menikmati pekerjaan, hingga akhirnya Anda benar-benar menikmatinya. Memang butuh waktu lama. Tapi cobalah untuk memusatkan diri pada pekerjaan. Jangan pikirkan liburan atau istirahat ketika bekerja. Tapi sesekali, Anda bisa tersenyum atau berdiri tegap ketika merasa lelah.

Kedua, lakukan yang terbaik, meski pekerjaan Anda tak menarik. Kalau Anda bekerja asal-asalan, maka pekerjaan akan menumpuk, dan akibatnya membebani Anda. Dan lagi, kemungkinan melakukan kesalahan, besar. Selesaikan pekerjaan dengan tepat waktu. Beri prioritas kepada pekerjaan terpenting. Menurut buku The Joy of Working, pekerjaan yang diselesaikan dengan baik akan menghasilkan kepuasan batin. Untuk memperbaiki mutu pekerjaan, Anda bisa menetapkan standar dan tujuan baru agar bisa meningkatkan kinerja.

Ketiga, tunjukkan kreativitas. Misalnya, Anda menerima pekerjaan dari atasan yang disertai pedomannya, atau apa yang ia inginkan. Nah, sesekali, berilah sentuhan pribadi pada tugas itu. Selain membuat pekerjaan jauh lebih menarik, ini memunculkan tantangan untuk berkreativitas. Kalau hasil kerjanya bagus, bukan tak mungkin atasan akan menilai baik.

Keempat, teruslah belajar. Belajar memang tak mengenal kata cukup. Ini penting untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalisme. Mungkin Anda bisa memanfaatkan perpustakaan di kantor, atau melalui pengalaman orang lain. Dengan belajar tentang pekerjaan, Anda akan terbantu dalam membuat pekerjaan menjadi lebih menarik dan memuaskan. Anda pun menjadi lebih percaya diri.


from:CYBERNEWS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar