Jumat, 16 Oktober 2009

Self Awearness sebagai salah satu antivirus terbaik

    Self Awearnes atau kewaspadaan merupakan salah satu antivirus terbaik. Dengan kita waspada terhadap apa yang terjadi dengan komputer kita, maka kita akan selalu berhati-hati dalam segala pengoperasionalannya terutama yang berkaitan dengan lalu lintas data  (yang berupa file) melalui USB flash disk.
    Banyak sekali virus yang penularannya menggunakan media ini (USB-FD). Oleh karena itu kita harus selalu berhati-hati dalam penggunaan USB-FD sebagai data traveler. Beberapa tips yang dapat diaplikasikan secara mdah dalam rangka meningkatkan kewaspadaan kita terhadap virus yang menular melalui USB-FD:
  • Menampilkan hidden file pada settingan "Folder Option" (Folder option dapat di akses dengan membuka Windows Eksplorer dan memilih menu "Tool">"Folder Option")
  • Menampilkan file extension (mendisable "hide extension for known file types") pada setting "Folder Option"
  • Mengenali file extension yang lazim digunakan sebagai virus. Extension tersebut antara lain ".exe", ".bat", ".inf", ".vbs", ".htt", dan ".scr". Namun tidak semata-mata file ber ekstensi itu adalah virus, tetapi itu merupakan sesuatu yang harus kita waspadai ketika mengeksekusi (menjalankan) tipe file tersebut.  
  • Mengenali extension file yang biasa anda gunakan (mis ".doc" untuk Microsoft Word, ".xls" untuk Microsoft Excel, "pdf" untuk adobe acrobat document, "dwg" untuk Autocad drawing dsb). Setelah kita mengenali file extension, suatu ketika jika file kita berubah extension-nya (mis menjadi ".exe") maka kemungkinan besat itu adalah file yang terinfeksi virus, atau file yang sengaja dibuat oleh virus dengan nama yang sama dengan nama file asli kita (hanya berbeda ekstension-nya) dengan tujuan untuk mengelabui kita agar kita mengeksekusi file yang salah.
  • Mematikan feature AutoPlay pada Windows. 
  • Membuka USB-FD tidak dengan di double-click tetapi dengan di-expand (menekan tanda [+] pada windows explorer di bagian depan drive USB-FD). Just in case kita di komputer yang belum dimatikan feature autoplay-nya.Tetapi hal ini hanya dapat dilakukan jika di dalam USB FD terdapat beberapa folder.
    Demikianlah posting kali ini, mohon maaf jika banyak kekurangan, mohon koreksi jika ada kesalahan. Semoga berguna bagi siapa saja. Terima kasih. 
         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar