Kamis, 01 Oktober 2009

BELAJAR BIKIN GAME SENDIRI YUUK

Assalamualaikum Wr.Wb.

Bagi sebagian orang, bermain game pada computer memang sangat menyenangkan. Teapi pernahkah kita berfikir bahwa akan lebih menyenangkan lagi jika kita bisa membuat game sendiri? Dan akan lebih menyenangkan lagi melihat orang lain senang memainkan game yang kita buat? Akan tetapi, perlu diketahui bahwasannya membuat game itu tidaklah mudah. Game-game yang ada di pasaran sekarang, umumnya butuh waktu satu sampai tiga tahun bahkan lebih untuk membuatnya. Butuh banyak orang untuk mengerjakannya (antara 10 sampai 50 orang bahkan lebih). Orang-orang yang bekerja dalam pembuatannya-pun adalah orang-orang berpengalaman di bidangnya (programmer computer, desainer grafis, musisi, 3D artist dst). Proses pembuatannya-pun membutuhkan biaya yang relative besar.

Namun demikian, membuat game sendiri bukanlah hal yang tidak mungkin. Kita bisa membuat game-game sederhana dengan cara yang mudah, salahsatunya dengan program Game Maker. Game-game sederhana seperti Pacman, Space Invader, Duck Hunt, merupakan tipe-tipe game sederhana yang menyenangkan untuk dimainkan dan juga relatif mudah untuk dibuat.

Game Maker merupakan suatu program yang dapat dipergunakan untuk membuat game (permainan). Untuk membuat game sederhana dengan program ini tidak diperlukan skill khusus sebagai perogrammer yang harus menguasai bahasa pemrograman komputer. Program ini relatif mudah untuk digunakan oleh pengguna komputer pada umumnya karena program ini menggunakan sistem drag and drop dalam proses pembuatan game. Selain menggunakan drag and drop, program ini juga mempunyai bahasa pemrograman sendiri. Bahasa pemrograman dalam game maker ini disebut sebagai GML (Game Maker Language), dimana GML akan memberikan fleksibilitas lebih dalam pemrograman game. Program Game Maker difokuskan untuk membuat game-game 2D (dua dimensional) namun tidak menutup kemungkinan untuk menggunakannya untuk membuat game-game 3D (tiga dimensional) meskipunn dengan fungsi-fungsi yang masih sederhana dan terbatas.

Sampai saat ini release Game maker sudah sampai pada versi 7. Untuk dapat menggunakan software ini kita dapat langsung men-download-nya dari official websitenya di:

http://www.gamemaker.nl/ atau

www.yoyogames.com

Versi unregistered nya dapat di-donlot gratis, :D

Tapi jangan kwatir, tanpa full versionya kita sudah dpt membuat game yang sederhana, meskipun dengan fitur yang limited. Klo pengen yang full versionnya ya musti registrasi dulu ato…. Cari crack-nya aja :-=

Berikut ini skrinsut dari Game Maker 6.1


Oke, coy sekian dulu intro-nya, for the first game example nyusul pada posting berikutnya. OK

Wassalamualaikum Wr.Wb.

1 komentar:

  1. Game Maker ya? Hmm game engine yang pernah saya pakai waktu pertama belajar membuat game dulu.

    Salam kenal dari developer cilik Mojokerto.

    BalasHapus