Kamis, 08 Oktober 2009

Mematikan AutoRun untuk Mengurangi Potensi Terinfeksi VIRUS pada Komputer

Saat ini banyak sekali masalah pada komputer yang disebabkan oleh virus. Virus semakin hari semakin membanjir dimana-mana semakin beragam jenisnya. Salah satu media penularan virus yang paling potensial adalah Thumb Drive atau yang biasa kita sebut dengan ladies eh, flash disk maksudnya :D

Seperti pepatah lama "mencegah lebih baik daripada mengobati" hal ini berlaku pula pada komputer, lebih baik mencegah virus masuk ke komputer kita daripada nanti harus membersihkannya. Berikut ini salah satu tips untuk mencegah virus menginfeksi komputer kita yaitu dengan men-disable feature AutoRUN pada komputer.

Apa itu autoRUN (Auto Play)? Adalah suatu funsi dalam Windows yang mengEksekusi (menjalankan) program secara otomatis ketika windows mendeteksi adanya hardware baru yang terkoneksi ke komputer, biasanya berupa removable drive seperti CD/DVD/thumb drive.

Kenapa mesti men-disable AutoRUN? karena banyak virus yang modus operandinya menggunakan fungsi autorun ini. Yaitu dengan menginjeksi file "autorun.inf" dan file virus itu sendiri ke dalam removable drive. Sehingga ketila kita memasukkan flash disk ke komputer dan feature autorun kita aktif, maka autorun ini akan menjalankan file "autorun.inf" secara otomatis. File "autorun.inf" ini akan mengeksekusi secara otomatis file virus tersebut sehingga terinfeksilah komputer kita.

Okeh, langsung saja cara mematikan Autorun adalah dengan sbb:
  • Klik Start >> Run..
  • Pada Run ketikan "gpedit.msc" window baru akan terbuka.
  • Masuk ke tree Computer Configuration >+Administrative Template >+ System
  • Cari pilihan "Turn off AutoPlay" kemudian dobel klik
  • Muncul dialog baru dan pilih "Enable"
  • klik "OK" selesai

berikut ini skrinsutnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar